Pages

Rabu, 24 Mei 2017

Penerapan Komputasi Modern (Tugas 4)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  LATAR BELAKANG
Seiring kemajuan zaman yang semakin canggih, semua pekerjaan manusia saat ini berhbungan dengan menggunkan komputerisasi, oleh maka itu penulis akan membahas tentang penerapan komputasi modern di beberapa bidang dalam kehidupan sehari hari.

1.2.  RUMUSAN MASALAH
Bermula dari latar belakang masalah tersebut, kami akan mencoba menyampaikan permasalahan antara lain :
1. Pada bidang apa saja komputasi modern dapat diterapkan ?
2. Bagaimana penerapan komputasi modern pada beberapa bidan tersebut?

1.3.  TUJUAN
Tujuan dari pembahasan tersebut adalah untuk mengetahui seberapa penting pendahuluan dalam karya ilmiah, yaitu untuk mengetahui :
1. Bidang idang apa saja yang menerapkan komputasi modern.
2. Penjelasan cara penerapan komputasi modern di beberapa bidang.




BAB II
PEMBAHASAN


2.1.  Penerapan Komputasi Modern

2.1.1.   Bidang Ekonomi
Terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.Contohnya, mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi

2.1.2.   Bidang Kesehatan

A. CT Scan
Teknologiinformasiditerapkanpadaperalatanmedismisal CT Scan (Computer Tomography). CT Scanadalahperalatan yang mampu memotret bagian dalam tubuh seseorang tanpa harus dilakukan pembedahan.

B. Sistem Informasi
Untuk mencari informasi tentang seorang pasien, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan untuk keperluan itu. Dengan mengetikkan sepenggal nama, system informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi kriteria pencarian.
Dalam bidang jasa pelayanan kesehatan teknologi informasi berguna untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet.

C. Rekaman MediS
SebagaialatbantuuntukRekammedisberbasiskomputer (Computer based patient record) yang digunakanuntukmencatatsemua data medisseperticatatanpasien, dll. Gambar di bawah ini adalah contoh halaman aplikasi yang dapat membantu merekam data medis dari seorang pasien.

2.1.3.   Bidang Fisika
Penerapan Komputasi Modern di bidang fisika ada Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan algoritma yang tepat. Pemahaman fisika pada teori, eksperimen, dan komputasi haruslah sebanding, agar dihasilkan solusi numerik dan visualisasi / pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika.Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan fisika komputasi. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, baik MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi.

2.1.4.   Bidang Matematika
Terdapat numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah – masalah matematika.Contohnya, penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar.


BAB III
PENUTUPAN

A. KESIMPULAN
Penerapan komputasi modern sangat dekat dengan keseharian kita bahkan sangat bermanfaat bagi berbagai bidang sehingga memudahkan manusia dalam menjalankan tugas di masing masing bidang.


DAFTAR PUSTAKA

http://pradinels.over-blog.com/2016/06/penerapan-komputasi-modern-di-bidang-kesehatan-kimia-dan-biologi.html
https://niamoraa.wordpress.com/softskill-project-2/definisi-dan-penerapan-komputasi-modern/
https://armandahasan.wordpress.com/2016/06/27/penerapan-komputasi-modern-di-bidang-kesehatan-kimia-dan-biologi/

0 komentar:

Posting Komentar