Pages

Selasa, 06 Mei 2014

Manusia dan Pandangan Hidup

Manusia dan Pandangan Hidup

·                   Arti Pandangan Hidup

Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul sekita atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu lama dan terus-menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar ini manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup.
Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya, akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
1.    Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak   kebenarannya
2.    Pandangan hidup yang berupa idiologi yang disesuaikan dengan kebudayaan  dan  norma yang terdapat pada negara tersebut
3.    Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya

·                Unsur Pandangan Hidup

Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu ;
* Cita-cita
* Kebajikan
* Usaha
* Keyakinan / kepercayaan
Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan. Cita-cita ialah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tenteram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.

·                      Cara Berpandangan Hidup Yang Baik

Cara cara yang dapat diikuti adalah sebagai berikut :
1.    Mengenal        : Apakah pandangan hidup kita sudah benar atau tidak.
2.    Mengerti           : Apakah pandangam hidup yang kita jalani sudah sesuai dengan Pancasila atau belum dan pencapaiannya.
3.    Menghayati      : Apakah kita sudah memahami arti hidup yang   sesungguhnya.
4.    Menyakini       : Kenyakinan kita terhadap terwujudnya keinginan.
5.    Mengabdi        : Setelah terwujud kita harus menerapkannya di masyarakat.

Semua penderitaan yang dialami oleh seseorang membawa pengaruh baik positif maupun negatif. Sikap positif yaitu sikap optimis dalam menghadapi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan, dan penderitaan itu hanya bagian dari kehidupan. Sedangkan sikap negatif seperti penyesalan karena tidak bahagia, kecewa, putus asa, dan rasa ingin bunuh diri. Pengaruh dan keputusan yang kita ambil dalam menghadapi penderitaan tersebut akan berpengaruh besar pada keseharian dan masa depan setiap induvidu.

·                      Hubungan Manusia dan Pandangan Hidup

Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran, serta hati.secara psikologi karakter manusia terbentuk dari tiga unsur, yaitu pikiran, hati nurani, dan hawa nafsu.ketiganya ini harus barjalan dengan seimbang dan saling mengendalikan satu sama lain untuk menjadikan karakter yang baik pada manusia tersebut. Maka, manusia semasa hidupnya dalam setiap pekerjaan dan kegiatannya selalu menggunakan ketiga unsur tersebut,sejak dilahirkan, manusia tentu saja telah memilki karakter bawaan dari orang tuanya, dan memiliki berbagai macam pengalaman semasa hidupanya samapi dia dewasa. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya pandangan hidup yang berbada – beda pada setiap orang.



Pandangan hidup terdiri dari 4 unsur antara lain :
1.    Cita – Cita yang diinginkan dapat diraih dengan usaha dan perjuangan,
2.    Berbuat baik dalam segala hal dapat membuat seseorang merasa bahagia, damai, dan tentram,
3.    Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi oleh keyakinan, dan
4.    Keyakinan dan kepercayaan adalah hal yang terpenting dalam hidup manusia.



Kesimpulan
            Pada dasarnya manusia dan pandangan hidup itu selalu berkaitan, karena pandangan hidup merupakan pedoman atau cara pandang manusia yang timbul melalu rangkaian proses. Pandangan hidup ini yag akan mempengaruhi manusia dalam menjalankan dan menilai segala sesuatu dalam kehidupan mereka

          Pandangan hidup setiap manusia berbeda beda tergantung pada unsur unsur yang membangun pandangan hidup yaitu pikiran, hati nurani, dan hawa nafsu

0 komentar:

Posting Komentar